Page

Jumat, 15 April 2011

Hikmah Sholat Berjama'ah (Part 1)

Jum'at yang lalu, tepatnya tanggal (8 April 2011), Saya mendapatkan sebuah manfaat dari Khutbah yang dibawakan oleh seorang Khatib saat saya sholat jum'at di Masjid Al-Ukhuwwah Wastu Kencana, Bandung.


Khotib yang sangat enak membawakan materi khutbah itu, di dalam isi khutbahnya mengatakan bahwa,
kurang lebih begini :



"Imam at Tirmidzi meriwayatkan dari Anas bin Malik radhiallahu 'anhu, ia mengatakan, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:


مَنْ صَلَّى لِلَّهِ أَرْبَعِينَ يَوْمًا فِي جَمَاعَةٍ يُدْرِكُ التَّكْبِيرَةَ الْأُولَى كُتِبَتْ


 لَهُ بَرَاءَتَانِ بَرَاءَةٌ مِنْ النَّارِ وَبَرَاءَةٌ مِنْ النِّفَاقِ

"Barangsiapa yang shalat karena Allah selama 40 hari secara berjama’ah dengan mendapatkan Takbiratul pertama (takbiratul ihramnya imam), maka ditulis untuknya dua kebebasan, yaitu kebebasan dari api neraka dan kebebasan dari sifat kemunafikan." 

(HR. Tirmidzi, dihasankan oleh Syaikh Al Albani di kitab Shahih Al Jami’ II/1089, Al-Silsilah al-Shahihah: IV/629 dan VI/314)."


Makna Terbebas dari Kenifakan dan Neraka adalah
Al-'Allamah al-Thiibi rahimahullah menjelaskan hadits ini, ”Ia dilindungi di dunia ini dari melakukan perbuatan kemunafikan dan diberi taufiq untuk melakukan amalan kaum ikhlas. Sedangkan di akhirat, ia dilindungi dari adzab yang ditimpakan kepada orang munafik dan diberi kesaksian bahwa ia bukan seorang munafik. Yakni jika kaum munafik melakukan shalat, maka mereka shalat dengan bermalas-malasan. Dan keadaannya ini berbeda dengan keadaan mereka.” (Dinukil dari Tuhfatul Ahwadzi I/201).

Di dalam hadits ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan keutamaan dan janji di atas:

  1. Melaksanakan shalat dengan ikhlas untuk Allah.
  2. Shalat tersebut dilaksanakan dengan berjama'ah.
  3. Menjaga jama'ah selama 40 hari (sehari semalam).
  4. Mendapatkan takbiratul ihramnya imam secara berturut-turut selama 40 hari tersebut.
Banyak yang bertanya-tanya tentang perincian dari 40 hari dalam hadits di atas. Apakah harus 40 hari berturut-turut atau boleh berselang?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar